Harusnya saya kurang layak untuk membicarakan masalah ini. Ok, begini saudara-saudara. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sebuah halaman web tak jauh-jauh dari yang namanya script. Apapun namanya HTML-kah atau JavaScriptkah? Nah, oleh pihak wordpress.com (dengan asumsi gratisan), kita diperkenankan mengotak-atik HTML di blog kita di sekitar area postingan dan sidebar (Text Widgets). Sedangkan untuk penggunaan Javascript amat sangat terlarang di blog wordpress.com (Harommm jiddan).

Kenapa demikian ? BecauseWhat? Gini, kata pihak wordpress di sini, javascript itu gak boleh, BERBAHAYA. Nah, sebagai pengguna kita harus manut donk ama yang punya kekuasaan. Hatta kita minta melalui feedback ataupun forum tetap akan ditolak.

Namun demikian, wordpress memberikan pengecualian penggunaan script ini dari beberapa layanan partnernya yang terpercaya yaitu Youtube dan Google Video. Tentu saja wordpress tak lupa memberikan tutorialnya. Materi tentang ini bisa anda lihat di sini.

Nah, solusi lain yang bisa ditawarkan adalah ubahlah (konversi) Javascript tadi menjadi script HTML biasa. Bagaimana caranya? Hanya ada dua kata : BANYAK dan SERING.

CMIIW.

Oleh : Luthfi.