Ada beragam cara mengelola posting. Lazimnya menggunakan pengolah kata, semisal: notepad dan wordpad bawaan windows, ms word, OpenOffice writer dan text editor lainnya.

Pilihan tergantung masing-masing, biasanya mempertimbangkan: faktor friendly use, kemudahan dan lain-lain.

Kali ini penulis memperkenalkan salah satu text editor bernama KeyNote versi 1.6.5 yang berlabel Open-Source alias GRATISAN. Hanya jalan di Windows mulai Win 95 sampai yang terkini. Untuk melihat berbagai ulasannya, silahkan kunjungi situsnya

Mengapa penulis memilih software ini ? … because what … karena apa …
Karena piranti lunak gratisan ini menawarkan 3 (tiga) jenjang atau tree menu, yakni Insert Node, Add Node dan Add Child. Masing-masing hirarki masih bisa dikembangkan sesuai keinginan kita.
Menunya cukup lengkap dan memuaskan. Kita juga bisa membuat setting tag HTML di KeyNote sebelum memindahkannya ke lembar kerja wordpress.

Oke, mari simak langkah-langkahnya:

Unduh software KeyNote versi 1.6.5 di situsnya klik di sini, ukuran file 1,59 MB.

Instal KeyNote, ikuti wizard hingga selesai.

Saatnya mengelola posting.

Langkah 1:
Klik Start –> All Programs –> KeyNote –> KeyNote

Gambar 1
Maka kita akan melihat tampilan awal seperti gambar dan diminta konfirmasi. Pilih Yes, agar setiap tulisan tersimpan secara otomatis.
Gambar 2

Langkah 2:
Klik File –> New (atau klik gambar create a new keynote file ). Tulis nama file di kotak isian File name, misalnya postingku (atau apa saja), lalu pilih direktory penyimpanan pada kotak isian Save in (sebaiknya buat folder khusus di partisi selain direktori C agar aman). Misalnya kita buat folder KeyNote (atau nama lainnya). Klik Save. File baru bisa diganti nama dengan cara klik sekali pada New note, ketik sesuai selera kita.

Cara lain adalah klik kanan New note, lalu pilih Rename Node dan beri nama node sesuai keinginan.

Save

Langkah 3:
Klik kanan Node awal (dalam contoh bernama: Tutorial) –> pilih Add Child untuk menambah anak (cabang) lembar kerja, dan beri nama child node sesuai keinginan.

Add Child

Langkah 4:
Kita dapat membuat jenis tulisan lain, misalnya posting, artikel, tips atau apa saja. Caranya: Klik kanan node (dalam contoh: tutorial) –> pilih Add Node.

Add node

Beri nama node baru sesuai keinginan. Dengan langkah yang sama, kita bisa membuat node baru sebagai cabang node induk (dalam contoh: Tutorial) dan memberi nama sesuai keinginan.

Nah, nampak node baru yang nantinya bisa ditambah Child, seperti gambar di bawah. (misalnya kita beri nama: Posting 2007)

posting 2007

Langkah 5:
Selanjutnya buat node baru dengan cara seperti langkah 4.
Kita juga dapat memasukkan tanggal dan jam ke dalam file posting atau artikel, dengan cara: klik ikon tanggal dan ikon jam di bar bawah (lihat gambar)

Tanggal dan Jam

Konfigurasi dapat diatur dengan memilih menu yang tersedia. Seandainya kita akan membuat setting penulisan, klik kanan lembar kerja, pilih setting yang diinginkan. Setting meliputi font, paragraf dan lain-lain.

Masih banyak koq, fitur menarik lainnya. Dijamin puas deh. Kita tidak perlu khawatir kehilangan file postingan, karena file KeyNote sudah di back_up otomatis, sehingga jika karena suatu hal mengharuskan format ulang, postingan kita tidak hilang. Hanya perlu instal ulang KeyNote, maka kita bisa menampilkan lagi posting atau tulisan yang pernah kita tayangkan.

Lihat contoh KeyNote penulis, seperti gambar di bawah ini:

KeyNote penulis

Edisi cetak dalam format PDF (195 Kb), silahkan unduh di sini.

Bila ada yang kurang jelas, dapat kita diskusikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Samarinda, 2007
Penulis: cakmoki