Sebelumnya anda harus mengetahui apa itu RSS ??

RSS (Really Simple Syndication) adalah fasilitas yang memudahkan kita menyedot content weblog atau situs web ke aplikasi pembaca RSS kita. Mengingat RSS ini berupa teks biasa, maka tidak dibutuhkan band-width besar untuk menyedotnya.(budiputra)

Tentunya dengan RSS akan memudahkan kita dalam membaca konten dalam suatu website yang tentunya memiliki layanan RSS tersebut. Bayanagkan jika anda harus membuka banyak website dalam waktu bersamaan, tentunya akan memakan band-with yang besar dan membutuhkan proses yang cukup lama.

Menggunakan RSS Secara Umum

Jika anda pengguna browser Mozilla Firefox atau turunannya yang dibuat untuk para blogger mania bernama Flock, anda sudah dapat menikmati RSS dengan mudah, karena kedua browser tersebut sudah dilengkapi dengan fitur pembaca RSS.

Jika anda pernah melihat simbol , simbol tersebut merupakan logo dasar rss. Jadi jika anda menemukan logo tersebut pada website/blog yang anda kunjungi, maka website/blog tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas rss. Atau jika anda menggunakan mozilla firefox dan flock anda akan melihat logo pada address bar sebelah kanan.

Cara penggunaan cukup mudah jika anda menggunakan browser firefox atau flock, dengan mengklik simbol tersebut maka anda akan langsung ditampilkan halaman yang anda tuju dengan modus text sederhana. Gambar berikut merupakan salah satu contoh halaman yang diakses menggunakan browser firefox :

RSS Feed Di WordPress

Secara default WordPress telah melengkapi fiturnya dengan RSS1, RSS 2 dan Atom. Jika anda mengaktifkan permalinks wordpress maka halaman rss untuk blog anda adalah :

a. http://namablog.wordpress.com/feed

b. http://namablog.com/feed

Namun jika anda mengakses halaman tersebut, anda akan dialihkan secara langsung ke halaman dengan url seperti berikut :

a. http://namablog.wordpress.com/feed/atom

b. http://namablog.com/feed/atom

Jika anda menggunakan browser firefox atau flock anda tidak akan kesulitan, namun jika ada pengunjung website/blog anda masih menggunakan internet explorer jangan harap halaman rss anda akan tampil dengan modus teks simpel, melainkan dalam modus xml seperti tampilan berikut ini :

Jika anda menganggap semua pengunjung website/blog anda menggunakan browser firefox atau flock maka anda tidak perlu repot memberikan alternatif lain, tapi jika anda beranggapan bahwa para pengguna browser yang tidak mendukung rss secara dasarpun harus diberikan kemudahan akses sama dengan browser yang sudah mendukung.

FeedBurner

Salah satu solusi yang banyak digunakan oleh para blogger mania adalah menggunakan layanan pembaca rss Feedburner. Tentunya layanan tersebut dapat anda nikmati secara gratis dan sudah cukup baik.

Tentunya anda harus mendaftar terlebih dulu untuk menikmati semua layanan yang telah disediakan oleh FeedBurner. Berikut langkah-langkah proses pendaftaran pada website FeedBurner.

1. Buka alamat website FeedBurner dengan url http://www.feedburner.com, maka anda akan ditampilkan halaman utama. Pada bagian atas anda akan melihat menu untuk melakukan pendaftaran seperti gambar berikut :

2. Isi formulir pendaftaran

3. Jika formulir tersebut telah anda isi lengkap dan anda klik tombol “Sign In”, maka proses pendaftaran telah sukses dan anda akan mendapatkan halaman berikut pada browser anda :

4. Anda dapat langsung membuat halaman feed pada kotak boks yang telah disedikan dibawah pesan “You have no feeds…” yang berwarna merah.

5. Berikutnya anda akan ditampilkan halaman untuk memberikan identitas pada alamat rssfeed ana. Isi kotak boks yang tersedia sesuai dengan keinginan anda, seperti gambar berikut :

6. Anda dapat merubah kotak boks “Feed Address” menjadi seperti yang anda inginkan seperti gambar berikut :

7. Jika anda telah sampai pada tahapan ini, maka anda telah berhasil membuat halaman feed anda menggunakan FeedBurner.

Anda dapat mengabaikan tahapan berikutnya dengan menekan link “Skip directyly to feed management”.

Mengalihkan WordPress Feed ke FeedBurner

Tips berikut merupakan alternatif termudah untuk mengalihkan feed wordpress langsung ke FeedBurner. Anda cukup merubah beberapa baris kode pada template header wordpress yang anda gunakan.

Buka folder template wordpress yang anda gunakan, kemudian cari file yang bernama “header.php”, kemudian anda cari baris kode sebagai berikut.

<link rel=”alternate” type=”application/rss+xml” title=”RSS 2.0″ href=”<?php bloginfo(‘rss2_url’); ?>” />

<link rel=”alternate” type=”text/xml” title=”RSS .92″ href=”<?php bloginfo(‘rss_url’); ?>” />

<link rel=”alternate” type=”application/atom+xml” title=”Atom 0.3″ href=”<?php bloginfo(‘atom_url’); ?>” />

Kemudian anda cukup mengganti kode <?php bloginfo(‘rss2_url’); ?>, <?php bloginfo(‘rss_url’); ?>, dan <?php bloginfo(‘atom_url’); ?> dengan alamat feedburner anda (contoh : http://feeds.feedburner/mkp).

Modifikasi dari kode diatas akan menjadi sebagai berikut :

<link rel=”alternate” type=”application/rss+xml” title=”RSS 2.0″ href=”http://feeds.feedburner/mkp” />

<link rel=”alternate” type=”text/xml” title=”RSS .92″ href=”http://feeds.feedburner/mkp” />

<link rel=”alternate” type=”application/atom+xml” title=”Atom 0.3″ href=”http://feeds.feedburner/mkp” />

Tentunya anda harus memodifikasinya sesuai dengan alamat feed pada FeedBurner yang telah anda buat sebelumnya.

Jika file header.php tersebut telah anda simpan, maka berikutnya layanan rssfeed anda akan dibaca langsung oleh FeedBurner, sehingga pengguna browser yang belum mendukung pembaca RSS dapat dengan mudah menggunakan rss pada website/blog anda.